______________________________________________

go...........!!!

Photobucket

19.10.02

Tips Trik Registry / Regedit Windows


1. PengertianRegistry / Regedit

Registry adalah informasi database yang berada pada sistem operasi Microsoft Windows 95 keatas. Database ini menyimpan pengaturan yang kita lakukan pada komputer. Setipa kali program dimulai dan setiap kali Windows melakukan suatu operasi, registry akan mengisinya dengan variabel yang mengatur system komputer.

2.Dimana Registry disimpan ?

System.Dat
Pada saat kita melakukan penghidupan komputer ( Booting ), windows pertama kali akan mencari dan mengakases file System.dat, sebelum menyentuh bagian bagian lain dari registry. System.dat akan menyimpan data-data khusus
yang berhubungan dengan system komputer yang kita pakai. Oleh karena itu, suatu file system.dat pada komputer sifatnya adalah unik dan spesifik. Kita tidak dapat memindahkan file ini ke suatu system komputer lainnya. jika hal itu kita lakukan akan menjadi kemacetan sistem operasi windows.

User.Dat
Windows akan membaca file User.dat sesu
dah membaca file system.dat. Berbeda dengan system.data yang hanya terdapat satu file saja, file user.dat ini akan mempunyai beberapa file dengan nama dan kemampuan yang sama. Jumlah User.dat bergantung pada jumlah pemakai yang logon ke sistem komputer. Sebagai contoh, seorang pemakai yang bernama ndaru memakai atau log on ke system komputer. Pada saat kotak dialog log on, maka windows akan membuat suatu data tentang user yang bernama ndaru tersebut.

File user.dat berisi informasi pemakai yang spesifik, seperti pasword dan preferensi
aplikasi individual. File user.dat yang berada pada direktory profil akan diload setelah file user.dat yang ada diserektori windows. jika
terjadi konflik antara dua file ini, informasi yangmengalami konflik pada user.dat profile yang kan dipakai.

User.dat utama(Default) yang berada pada direktory windows, akan berisi informasi konfigurasi system, seperti Control panel,setting aplikasi, pengelompokan menu pada start menu, file-file Desktop, dan sebagainya. User.dat yang berada pada direktory profil berisi informasi yang sebagian besar sama dan akan dipakai sebagai informasi yang memiliki hak yang lebih tinggi dari pada user.dat yang berada di direktory Windows.

Pada saat windows di matikan ( Shut down ), secara otomatis ia akan membuat suatu salinan dari file system.dat dan user.dat di direktory windows. Sedangkan user.dat yang lain juga akan membuat cadangannya. Salinan dari file system.dat adalah system.da0 sedang untuk user.dat adalah User.da0. Kedua file salinan ini akan amat berguna untuk proses
pemulihan jika terjadi kerewelan pada windows.

Pengamanan Pelaksanaan dalam Melakukan Modifikasi

1. Copykan File User.dat, System.dat, Regedit.exe,Explorer.exe, Explorer.ncf ke Direktory lain atau dalam Disket. File tersebut berada di bawah direktory /Window/. Simpan File copian tersebut ketempat yang diangap aman.

2. Laksanakan Prosedure yang terlampir untuk melakukan perubahan registry Jika ingin melakukan penormalan kembali terhadap registry, kita dapat mendisablekan terhadap setiap modifikasi dengan menganti nilai Default ( nilai Terlampir )

Cara Penormalan Kembali Registry

Clik Icon MyKomputer dan tekan tombol ->Del c:\windows cari file Explorer.exe dan clik dua kali icon tersebut. Selajutkan jalankan regedit dan disablekan terhadap perubahan yang kita lakukan, atau jalankan Explorer.exe dari disket backup.

Cara termudah adalah dengan mencopykan kembali file yang kita backup sebelum
melakukan modifikasi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

advertise here
advertise here
advertise here
advertise here